Home » , » Sampoerna Dukung Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Lumajang

Sampoerna Dukung Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Lumajang

Written By Iwan h on Kamis, 24 Januari 2013 | 21.02


PT HM Sampoerna Tbk. ("Sampoerna") melaksanakan acara Multistakeholder Forum 2013 dan Lokakarya Wirausaha yang bertemakan "Wirausaha Berkembang, Lumajang Damai Sejahtera" di Gedung Sudjono, Jl. Alun – Alun Selatan, Kabupaten Lumajang. Acara tersebut merupakan rangkaian dari Program Pengembangan Kewirausahaan Sampoerna yang dilaksanakan di Kabupaten Lumajang sejak Juli 2012.
Manager Community Development PT HM Sampoerna Tbk., Arga Prihatmoko mengatakan, "Kami sangat gembira bahwa dukungan kami melalui program ini telah bermanfaat bagi para calon wirausaha baru dan melalui Multistakeholder Forum 2013 Lumajang ini diharapkan dapat memberikan motivasi, pembelajaran dan mendapatkan solusi dari para Akademisi, Bisnis, Pemerintahan dan Masyarakat dari rangkaian proses pelatihan, inkubasi bisnis, pertemuan belajar kelompok, pendampingan yang telah dilaksanakan dalam program pengembangan wirausaha Sampoerna 2012 sebagai model untuk mewujudkan wirausaha yang handal serta bisa di replikasi di lokasi lainnya."
"Sampoerna sangat berterima kasih atas keterlibatan pemangku kepentingan dan antusiasme dan dedikasi pihak akademisi dan organisasi masyarakat yang telah memberikan pelatihan dan pendampingan. Dalam jangka panjang, kami meyakini bahwa program ini dapat memberikan sumbangsih yang sangat besar untuk melahirkan para wirausaha baru yang mandiri di Lumajang khususnya dan Indonesia pada umumnya," ujar Arga menambahkan.
Program Pengembangan Wirausaha (Entrepreneurship Development) 2012 merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Sampoerna dari pilar pemberdayaan ekonomi, bekerjasama dengan Yayasan Lembaga Manajemen Quantum Bogor. Kegiatan program meliputi pelatihan kewirausahaan, inkubasi bisnis, pertemuan belajar kelompok, pendampingan, site visit narasumber dan pertemuan akhir dengan para stakeholder yang telah dilaksanakan di kota/kabupaten Pasuruan, Malang, Karawang, Kotabumi, Lampung, Bandung, Probolinggo, Banjarmasin dan Lumajang.
Adapun kegiatan program pengembangan wirausaha di Kabupaten Lumajang telah dilaksanakan mulai Juli – November 2012 dan penerima manfaat kegiatan ini adalah masyarakat di sekitar wilayah pabrik Sampoerna di Lumajang yaitu Desa Sumberjati dan Desa Kunir Kidul. Capaian dari kegiatan yang dilaksanakan berupa 4 Pelatihan Kewirausahaan (soft skill dan technical skill); 5 kelompok Inkubasi Usaha (manisan buah, manisan belimbing wuluh, sari belimbing wuluh, keripik pisang aneka rasa dan Fruit Leather); pendampingan selama 3 bulan, disertai site visit narasumber, stimulan alat, bahan, kemasan, label produk serta kursus keamanan pangan dari Dinas Kesehatan setempat untuk mendapatkan ijin PIRT; dan 5 kali Pertemuan Belajar Kelompok (PBK).
Bupati Lumajang, Dr. Syahrazad Masdar MA., menyatakan apresiasinya kepada Sampoerna, "Kami sampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Sampoerna atas inisiatif dan peran sertanya yang telah melakukan terobosan dengan pelaksanaan program pengembangan keahlian dan peningkatan kapasitas wirausahawan yang mandiri. Hal ini merupakan pembekalan bagi investasi masa depan untuk membentuk mereka menjadi pelaku usaha yang kreatif, mandiri, dan handal sehingga diharapkan dapat menjadi motivator bagi diri sendiri serta inspirasi bagi masyarakat di sekitarnya."
Sumber : www.sampoerna.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Lumajang News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger